Thursday 22 November 2012

Warga Jalur Gaza Rayakan Gencatan Senjata

Kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan HAMAS yang diperantarai Mesir, akhirnya terkabulkan dan berlaku mulai pukul 21.00 waktu setempat (Kamis, 02.00 WIB). Kesepakatan tersebut membuat ribuan orang Palestina di Jalur Gaza turun ke jalan untuk merayakan gencatan senjata. Warga Jalur Gaza membunyikan klakson mobil dan melepaskan tembakan ke udara. Warga juga berpawai ke Rumah Sakit Shifa untuk menjenguk orang yang cedera.
Dikutip kantor berita Xinhua, dalam pernyataan persnya, Ahmed Bahar, pemimpin senior HAMAS di Jalur Gaza, mengatakan, "Kami mengucapkan selamat kepada rakyat kami dan perlawanan kami karena mencapai kesepakatan gencatan senjata yang mengakhiri agresi Israel," ungkapnya. Orang-orang juga saling berpelukan dan mengucapkan selamat karena lolos dari agresi militer Israel selama delapan hari.

Sementara itu, Dewan Keamanan (DK) PBB menyambut baik kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan HAMAS. Dewan juga minta semua pihak terkait agar "bertindak sungguh-sungguh" dan "dengan kepercayaan baik" guna mewujudkan perdamaian langgeng di Timur Tengah. DK PBB juga memuji upaya Presiden Mesir Mohammed Moursi dan pihak lain untuk menengahi kesepakatan tersebut.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Followers

Networked Blogs

Allah