Sunday 6 July 2014

Ahok Ingin Dapat Hidayah Sering Masuk Masjid

Pelaksana Tugas (Plt.) Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama memiliki agenda yang unik di bulan Ramadan tahun ini. Sepanjang bulan puasa ini, ia akan melakukan safari Ramadan, atau berkunjung dari masjid ke masjid lain di Jakarta, guna menghadiri acara buka puasa bersama dan bersilaturahmi dengan warga.

Meskipun bukan seorang muslim, namun Ahok-- panggilan akrab Basuki Tjahaja-- tidak merasa keberatan dengan agenda itu. Menurutnya, ia sudah sering masuk ke masjid.

Menurutnya, agenda safari Ramadan tahun ini memang berlipat karena sudah tidak ada Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. Tetapi, Ahok mengaku tidak merasa kerepotan.
"Tahun lalu aku juga keliling. Cuma tahun lalu nggak masuk ke masjid, cuma ke kantor kelurahan dan kecamatan, karena masih ada Pak Gubernur waktu itu. Tahun ini, tugas dua orang dibagi jadi satu," ujarnya, saat ditemui di kantornya di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 3 Juli 2014.

Ahok mengaku, ia justru merasa heran kepada beberapa orang yang tidak mengizinkan seorang non-Muslim memasuki ibadah umat Islam. Sebelumnya, ia bercerita, di kampung halamannya di Provinsi Bangka Belitung, beberapa masjid sempat menolak kehadirannya.

Menurut Ahok, bila para pengurus masjid itu menginginkan agar orang lain bisa memeluk agama Islam, mereka seharusnya mengizinkan non-Muslim untuk masuk ke masjid agar mendapatkan hidayah.

"Di tempat saya begitu. Ada orang yang tafsiran Alqurannya berbeda. Ia menganggap orang yang belum dapat hidayah itu nggak boleh masuk ke masjid. Tapi kalau menurut saya, waktu saya belajar soal agama Islam di SD dan SMP, justru kalau supaya orang bisa dapat hidayah itu harus ke masjid dan dikasih tausiyah. Kalau enggak,gimanabisa dapat hidayah? Hidayah itu kan milik Allah," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ahok juga mengakui, walaupun ia tidak ikut merayakan Hari Raya Idul Fitri, dia akan menggunakan kesempatan libur Lebaran tahun ini untuk melakukan mudik ke kampung halaman. Ia mengatakan bahwa dia rindu suasana perayaan Lebaran di Kabupaten Belitung Timur.

"Saya Lebaran mau pulang ke Belitung. Ingin mudik dua sampai tiga hari bolehlah. Saya kangen makan ketupat sama suasananya di sana. Di sana beda dong suasana Lebarannya dengan di Jakarta. Kalau di sana, biasanya masak ketupat sama ikan ganan. Dimasak sama nanas dan lempah kuning. Lumayan enaklah masakan lebaran khas di sana," ujar Ahok.
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Followers

Networked Blogs

Allah